Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

WAN

A wide area network (WAN) adalah jaringan komputer yang mencakup area yang luas (misalnya, setiap jaringan hubungan komunikasi yang melintasi batas metropolitan, regional, maupun nasional). Hal ini berbeda dengan jaringan wilayah pribadi (PANS), jaringan area lokal (LAN), jaringan area kampus (kaleng), atau jaringan area metropolitan (MAN) yang biasanya terbatas pada daerah, ruang bangunan, kampus atau metropolitan tertentu (kota ) masing-masing.

WAN Desain Pilihan

            WAN digunakan untuk menghubungkan LAN dan jenis lain dari jaringan bersama-sama, sehingga pengguna dan komputer di satu lokasi dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi lain. Banyak WAN dibangun untuk satu organisasi tertentu dan swasta. Lainnya, dibangun oleh penyedia layanan Internet, menyediakan koneksi dari LAN organisasi ke Internet. WAN sering dibangun menggunakan leased line. Pada setiap akhir leased line, router menghubungkan ke LAN di satu sisi dan sebuah hub dalam WAN di sisi lain. Leased line bisa sangat mahal. Alih-alih menggunakan leased line, WAN juga dapat dibuat dengan menggunakan switching sirkuit lebih murah atau metode packet switching. Jaringan protokol termasuk TCP / IP memberikan transportasi dan fungsi pengalamatan. Protokol termasuk paket di atas SONET / SDH, MPLS, ATM dan Frame relay sering digunakan oleh penyedia layanan untuk memberikan link yang digunakan dalam WAN. X.25 merupakan protokol WAN awal yang penting, dan sering dianggap sebagai "kakek" dari Frame Relay karena banyak protokol yang mendasari dan fungsi X.25 yang masih digunakan sampai sekarang (dengan upgrade) dengan Frame Relay.

Pilihan Teknologi Koneksi WAN

            Ada juga beberapa cara untuk terhubung NonStop server S-series untuk WAN, termasuk melalui ServerNet Wide Area Network (SWAN) atau SWAN 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10 konsentrator, yang menyediakan klien WAN konektivitas ke server yang memiliki port Ethernet dan tepat perangkat lunak komunikasi. Anda juga dapat menggunakan Asynchronous Wide Area Network (Awan) akses server, yang menawarkan akses ekonomis hanya asynchronous-WAN. Beberapa pilihan tersedia untuk konektivitas WAN

 
            Tingkat Transmisi biasanya berkisar dari 1200 bit / s ke 24 Mbit / s, meskipun beberapa koneksi seperti ATM dan Leased line dapat mencapai kecepatan lebih dari 156 Mbit / s. hubungan komunikasi yang khas yang digunakan dalam WAN saluran telepon, saluran microwave link & satelit.

            Baru-baru ini dengan proliferasi biaya rendah konektivitas internet banyak perusahaan dan organisasi telah berpaling ke VPN untuk menghubungkan jaringan mereka, menciptakan sebuah WAN dengan cara itu. Perusahaan seperti Cisco, New Edge Networks dan Check Point menawarkan solusi untuk membuat jaringan VPN.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar