Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

DIMM

Sebuah DIMM, atau modul memori dual in-line, terdiri dari serangkaian sirkuit yang dinamis random access memory terintegrasi. Modul ini terpasang pada papan sirkuit cetakan dan dirancang untuk digunakan dalam pribadi, workstation komputer dan server. DIMM mulai menggantikan SIMM (single in-line modul memori) sebagai jenis utama dari modul memori sebagai prosesor Intel Pentium P5-berbasis mulai meraih pangsa pasar.
Perbedaan utama antara SIMM dan DIMM adalah bahwa DIMM memiliki kontak listrik yang terpisah pada setiap sisi modul, sedangkan kontak pada SIMM di kedua belah pihak yang berlebihan. Perbedaan lain adalah bahwa SIMM standar memiliki jalur 32-bit data, sementara DIMM standar memiliki jalur 64-bit data. Sejak Intel Pentium telah (seperti yang dilakukan beberapa prosesor) dengan lebar bus 64-bit, itu memerlukan SIMM dipasang di pasang cocok untuk melengkapi data bus. Prosesor kemudian akan mengakses dua SIMM secara bersamaan. DIMM diperkenalkan untuk menghilangkan praktek ini.
Jenis yang paling umum DIMM adalah:
·         72-pin SO-DIMM (tidak sama dengan 72-pin SIMM), yang digunakan untuk FPM DRAM dan EDO    DRAM
·         100-pin DIMM, digunakan untuk printer SDRAM
·         144-pin SO-DIMM, digunakan untuk SDR SDRAM
·         168-pin DIMM, digunakan untuk SDR SDRAM (lebih jarang untuk FPM / EDO DRAM di workstation / server)
·         172-pin MicroDIMM, digunakan untuk DDR SDRAM
·         184-pin DIMM, digunakan untuk DDR SDRAM
·         200-pin SO-DIMM, yang digunakan untuk DDR SDRAM dan DDR2 SDRAM
·         204-pin SO-DIMM, digunakan untuk DDR3 SDRAM
·         214-pin MicroDIMM, digunakan untuk DDR2 SDRAM
·         240-pin DIMM, digunakan untuk DDR2 SDRAM, DDR3 SDRAM dan FB-DIMM DRAM

DIMM yang telah menjadi titik awal dari berbagai jenis modul memori seperti SO-DIMM's (Small Outline Dual-Inline Memory Module) dan MicroDIMM dan FB-DIMM's {Fully Buffered Dual-Inline Memory Module). Ada berbagai jenis DIMM yang digunakan, tetapi kebanyakan mereka digunakan sebagai modul RAM, seperti - DDR SDRAM's (Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory), FPM DRAM (Fast Page Mode Dynamic Random Access Memory) dan EDO DRAM (Extended Data Output Dynamic Random Access Memory)
Gambar DIMM ( Dual in-line memory module )

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar