Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

NOS (Network Operating System)

Sistem operasi jaringan (network operating system) adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya.

Fungsi NOS

Menyediakan fungsi khusus untuk :
* Menghubungkan sejumlah komputer dan perangkat lainnya ke sebuah jaringan
* Mengelola sumber daya jaringan
* Menyediakan layanan
* Menyediakan keamanan jaringan bagi multiple users

Microsoft Corporation
Microsoft Corporation mengembangkan, membuat, melisensikan dan mendukung beragam jenis produk software untuk berbagai peralatan perkomputeran. Produknya yang paling terkenal adalah kelompok sistem operasi Microsoft Windows, yang telah ada di mana-mana dalam pasar komputer desktop.

LAN Manager
LAN Manager adalah sebuah sistem operasi jaringan yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation bersama-sama dengan 3Com Corporation. LAN Manager didesain sebagai penerus perangkat lunak server jaringan 3+Share yang berjalan di atas sistem operasi MS-DOS.

LAN Manager dibuat berbasiskan IBM OS/2 dan protokol NetBEUI, sama seperti halnya pendahulunya MS-NET untuk MS-DOS dan Xenix-NET untuk Xenix. Selain itu, terdapat juga LAN Manager/X (LMX) yang ditujukan untuk sistem operasi UNIX.

Novell Netware
Netware adalah salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan didunia. Pada Netware versi 4.11 mulai diterapkan peggunaan teknologi intranet dan internet yaitu penggunaan protocol TCP/IP untuk melengakapi protocol IPX milik Netware yang sifatntya agak kaku. Novell bahkan mulai mengembangkan pasarannya dengan khusus membuat aplikasi bernama intranetWare yang memiliki solusi lengkap untu intranet dan internet.

Windows NT
Windows NT terkenal karena kemampuan networkingnya yang andal sehingga sebagai sistem operasi network pada banyak institusi atau perusahaan. Windows NT adalah suatu sistem multitasking 32 bit yang mampu mendukung banyak pemakai dan cocok digunakan untuk intranet berskala kecil maupun besar. Windows NT tersedia dalam dua jenis yaitu Windows NT Server dan Windows NT workstation. Windows NT Server adalah sistem operasi server yang khusus dijalankan pada komputer server. NT server menggunakan model client server serta menggunakan antarmuka grafis yang mirip dengan windows 95. Karena kelengkapan dan keandalannya, Windows NT cocok digunakan sebagai sistem operasi jaringan intranet berskala menengah hingga berskala besar.

Windows NT merupakan sebuah sistem operasi 32-bit dari Microsoft yang menjadi leluhur sistem operasi Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista.


Windows NT diluncurkan dalam beberapa edisi, meskipun produk tersebut dibangun dari kode sumber yang sama, yaitu sebagai berikut:
* Windows NT Workstation, yang dikhususkan untuk penggunaan pada workstation jaringan.
* Windows NT Server, yang dikhususkan untuk penggunaan pada server jaringan.
* Windows NT Enterprise Server atau Windows NT Advanced Server, yang sama-sama ditujukan untuk penggunaan pada server jaringan, tetapi menawarkan lebih banyak fungsi dan fitur daripada Windows NT Server standar.

Linux
Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE dan Xfce juga memiliki paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, Koffice.

Banyan VINES
Banyan VINES (singkatan dari Virtual Integrated Network Service) adalah sebuah sistem operasi jaringan yang populer pada akhir dekade 1980-an hingga awal dekade 1990-an yang banyak digunakan dalam jaringan-jaringan korporat.
VINES pada awalnya dibuat berdasarkan protokol jaringan yang diturunkan dari Xerox Network Systems (XNS). VINES sendiri menggunakan arsitektur jaringan terdistribusi klien/server yang mengizinkan klien-klien agar dapat mengakses sumber daya di dalam server melalui jaringan.

Fitur-fitur yang diusung oleh Banyan VINES antara lain adalah:
* Memiliki layanan berbagi berkas (file-sharing)
* Memiliki layanan berbagi alat pencetak (print-sharing)
* Memiliki layanan direktori terdistribusi yang disebut sebagai StreetTalk untuk melakukan manajemen jaringan
* Dukungan terhadap protokol Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP)
* Menawarkan perangkat bantu administrasi jaringan dengan menggunakan antarmuka grafis
* Mendukung manajemen dengan menggunakan protokol Simple Network Management Protocol (SNMP)

Klien-klien yang didukung oleh VINES antara lain:
* MS-DOS
* IBM OS/2
* Microsoft Windows (mulai dari Windows NT 4.0, komponen klien Banyan VINES telah ditiadakan)
* Macintosh

UNIX
Unix adalah sistem operasi jaringan yang sudah terkenal karena keandalannya dalam mengelola network berskala besar. UNIX adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh banyak pihak. Setiap pihak yang mengembangkan UNIX, menambahkan teknologi miliknya ke dalam UNIX, yang meskipun hal itu di luar standar, mampu menjadikan sistem operasi UNIX lebih kuat atau lebih andal. Anda bisa menggunakan Unix sebagai sistem operasi jaringan intranet anda tetapi ada satu kelemahan yang paling utama pada Unix yaitu kerumitannya.

Selain keandalannya, Unix juga terkenal karena kerumitannya dan lebih sukar dikelola daripada Windows NT. Namun tetap saja banyak institusi besar yang setia menggunakan Unix karena mereka tahu kehebatan sesungguhnnya dari Unix ini, seperti kemampuan multitasking 32-bit, kestabilan yang tinggi serta mampu pada berbagai jenis komputer, mulai dari komputer mikro hingga komputer mini dan mainframe.

Oracle Solaris
Oracle Solaris, merupakan sebuah sistem operasi keluarga Unix yang sebelumnya dikembangkan oleh Sun Microsystems Inc. Sistem operasi Solaris dikenal secara luas karena skalabilitas yang dimilikinya, utamanya pada sistem komputer berbasis SPARC, dan sejumlah fitur-fitur inovatif yang dibawanya seperti DTrace, ZFS (Zettabyte File System), dan Time Slider. Sistem operasi ini dapat dijalankan di atas prosesor x86 baik 32bit atau 64bit (berbasis instruksi Amd64), serta prosesor SPARC baik yang diproduksi oleh Sun ataupun Fujitsu. Solaris terdaftar sebagai sistem operasi yang kompatibel dan memenuhi spesifikasi Single Unix Specification

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar